Headline

Pariwisata Indonesia Diprediksi Bangkit Semester II-2021

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, saat ini pihaknya menggenjot kunjungan pariwisata domestik, di antaranya melalui program Bangga Berwisata di Indonesia. Menurutnya, ada 55 juta Warga Negara Indonesia (WNI) kelas menengah yang sangat potensial digarap untuk bisa berwisata dalam negeri.

“Dulu kita fokus mengejar Thailand, Malaysia dengan berjuta-juta wisatawan internasioal, itu saya singkat wising. Saat sekarang wising itu kita masih berharap terus, tapi karena Covid-19 ini kita harus kalibrasi,” ujar Sandiaga dalam diskusi Forwada bertajuk “Membangkitkan Optimisme Industri Pariwista Nusantara,” yang digelar secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya menambahkan, tahun ini pihaknya bersiap menyambut kepulihan sektor pariwisata Tanah Air dengan bertumpu utamanya kepada wisatawan domestik sambil bersiap akan kedatangan para wisatawan mancanegara. “Yang terpenting di sini, yaitu membangun kepercayaan pelaku usaha dan juga membangun kepercayaan pasar, bahwa Indonesia sudah siap dengan new normal,” katanya.

Sementara, Direktur Layanan TI, Bakti Kominfo untuk Pemerintah dan Masyarakat, Danny Januar menyoroti soal masih belum tergarap dengan baik data-data potensi pariwisata di Indonesia. Saat ini pihaknya tengah melakukan inisiatif awal terhadap kondisi tersebut.

“Konsep besar jaringan pariwista ini adalah sebagai wadah untuk mengumpulkan seluruh inventor komoditi potensi pariwisata di selurh Indonesia. Untuk langkah awal ini kami uji cobakan di 5 destinasi wisata super prioritas,” paparnya.

Sekretaris Perusahaan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), Bonai Subiatko mengatakan, untuk mendukung bangkitnya pariwisata Tanah Air, pihaknya telah menginisasi program yang dinamakan pembiyaan homestay. Program pembiayaan homestay ini diperuntukan bagi masyarakat di desa wisata.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button