Nasional

Panja BUMN Energi Sesalkan Jargas JBT Molor

INDOPOSCO.ID – Program jaringan gas (Jargas) Jambaran Tiung Biru (JBT) yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini sudah cukup lama.

Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Panitia Kerja (Panja) BUMN Energi Komisi VI DPR Nevi Zuarina dalam keterangan, Sabtu (29/5/2021).

Dia menyayangkan proyek Jargas JBT yang molor dari target yang ditetapkan. Padahal, jargas JBT tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Sampai sekarang proses pengerjaannya belum mencapai target. Dan ini sangat kita sayangkan,” ucapnya.

Selain biayanya yang cukup murah, menurutmya, Jargas JBT juga ramah lingkungan dan mudah digunakan. Dia berharap Jargas JBT dapat dimaksimalkan untuk daerah padat penduduk, mengingat investasi yang dikeluarkan untuk proyek tersebut sudah cukup besar.

“Jika diberikan untuk daerah atau pemukiman minim penduduk, maka tentu tidak sebanding antara yang dihasilkan dengan investasi yang dikeluarkan. Untuk daerah yang minim jumlah penduduknya bisa diberikan alternatif lain berupa listrik,” terangnya.

Perlu diketahui, pada awalnya proyek JTB yang dikerjakan oleh PT Pertamina EP Cepu ini ditargetkan akan selesai pada Juli 2021. Namun dalam paparannya, direksi Pertamina dan PGN, hingga 15 Mei 2021 proyek pengerjaan JTB mencapai 91,83 persen. Meskipun diyakininya JTB ini akan bisa dialiri gas pada November 2021 mendatang. (nas)

Sponsored Content
Back to top button