Nasional

Panglima TNI-Kapolri Tinjau Aplikasi Silacak di Sleman

INDOPOSCO.ID – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau penerapan aplikasi Silacak dan perkembangan penanganan COVID-19 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Peninjauan dilakukan di Posko Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman di Kantor Bupati Sleman.

Kegiatan diawali dengan meninjau posko serta mendengarkan paparan Bupati Sleman Kustini mengenai perkembangan COVID-19 di Kabupaten Sleman baik dari jumlah kasus, serta penanganannya, 3T, kondisi isoman dan isoter serta terkait capaian vaksinasi di wilayah Sleman.

Usai mendengarkan paparan perkembangan penanganan COVID-19, Panglima TNI bersama Kapolri melanjutkan pengecekan penerapan aplikasi Silacak di Pendopo Parasamya Kantor Bupati Sleman yang telah dihadiri oleh empat pilar yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, pihak Kalurahan, dan Bidan Kalurahan.

Silacak merupakan aplikasi penguatan tracing yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Satgas Penanganan COVID-19 yang dapat diaplikasikan oleh empat pilar Babinsa, Bhabinkamtibmas, pihak kelurahan dan bidan keurahan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa dari hasil kunjungan Panglima TNI bersama Kapolri, Kabupaten Sleman mendapat sejumlah arahan terkait pemanfaatan isolasi terpusat (isoter) bagi pasien COVID-19 yang melakukan isoman serta terkait Testing, Tracing dan Treatment (3T) yang perlu dimaksimalkan.

“Dalam kunjungan di Sleman, Panglima TNI dan Kapolri memberi arahan untuk memaksimalkan isoter bagi pasien isoman kemudian capaian vaksinasi di Sleman yang akan ditingkatkan mencapai 15.000 vaksin per harinya,” katanya.

Menurut dia, dalam kunjungan tersebut dibahas pula mengenai peningkatan tracing di Sleman.

Kustini menyebut hasil pembahasan bersama ini akan menjadi bahan evaluasi selanjutnya untuk menentukan level dalam penerapan PPKM di Sleman. (bro)

Sponsored Content
Back to top button