Gaya Hidup

Pandemic Fatigue Harus Diatasi dan Butuh Kerja Sama

INDOPOSCO.ID – Demotivasi atau Pandemic fatigue untuk mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang dianjurkan karena rasa jenuh terhadap pandemi Covid-19 harus segera diatasi dan hal ini membutuhkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat.

Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Daisy Indira Yasmine SSos MSocSci mengatakan, masyarakat rentan mengalami pandemic fatigue akibat rasa jenuh yang tinggi terhadap situasi yang tidak menentu.

Masyarakat yang awalnya patuh dan waswas tertular virus corona secara bertahap mulai santai dan cuek terhadap protokol kesehatan. Hal ini tentunya akan berakibat pada naiknya angka kasus Covid-19 yang kini mulai menurun.

Untuk menghadapinya, diperlukan regulasi yang berfokus pada manusia atau masyarakat, melakukan penelitian dan pengumpulan data untuk membuat kebijakan sesuai dengan kelompok sasaran, jadi tidak dipukul rata.

“Semua kebijakan berbasis data/riset, tidak bisa pukul rata harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Misalnya utk lansia bagaimana, untuk kaum muda bagaimana media komunikasi yang tepat,” ujar Daisy dalam acara virtual “Refleksi Setahun Pandemi: Masyarakat Semakin Abai atau Peduli”, Senin.

Untuk menghindari pandemic fatigue, anggota masyarakat juga harus dilibatkan dalam mencari solusi atau merancang kebijakan, bukan hanya sekadar sebagai obyek yang harus patuh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button