Headline

Pakar Bilang Vaksinasi Metode Pencegahan Paling Efisien

INDOPOSCO.ID – Vaksinasi adalah metode pencegahan yang paling efisien bila dilihat berdasarkan “kacamata” ekonomi kesehatan.

“Sebagai ilustrasi, katakanlah biaya vaksinasi COVID-19 seharga Rp900 ribu, maka kita bisa mencegah diri dari penularan penyakit. Dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan apabila terkena Covid-19 yang rata-rata perawatannya memerlukan waktu 9-10 hari, biaya vaksinasi lebih efisien,” kata Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany, pada Dialog Produktif bertema Protokol Jalan, Ekonomi Aman yang diselenggarakan KPCPEN dan disiarkan di FMB9ID_IKP, Jumat (28/5).

Hasbullah mengatakan, apabila seseorang bekerja sehari mampu menghasilkan Rp500 ribu, maka yang bersangkutan bisa kehilangan potensi penghasilan Rp5 juta akibat dirawat Covid-19, di rumah sakit.

Hasbullah juga menjelaskan akibat Covid-19 ini anggaran belanja negara defisit hingga lebih dari Rp1.000 triliun.

“Karena Covid-19 yang tidak teratasi membuat perekonomian tidak bergerak. Sehingga kita semua sebenarnya adalah korban Covid-19,” ujarnya, dikutip Antara.

Oleh karena itu, kata Hasbullah, pemerintah sadar betul apabila masyarakat tidak dipulihkan kesehatannya, serta perilaku masyarakat tidak didisiplinkan, ekonomi menjadi sulit bergerak. (arm)

Sponsored Content
Back to top button