Ekonomi

Pacu Geliat Ekspor, Bea Cukai Gelar Diskusi dengan Instansi di Berbagai Daerah

INDOPOSCO.ID – Sinergi Bea Cukai dengan berbagai instansi dan pemerintah daerah di berbagai wilayah dalam mendorong ekspor terus dilakukan. Upaya tersebut sebagai bentuk nyata pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas pemerintah untuk menstimulus perekonomian dalam negeri yang sempat turun akibat pandemic Covid-19. Sinergi dilakukan untuk menggali potensi ekspor dari pelaku usaha dalam negeri terutama UMKM di berbagai daerah.

Di Madura, Bea Cukai menggandeng pemerintah daerah se-Madura mengadakan focus group discussion bertajuk Gali Potensi Ekspor IKM Madura. “IKM memiliki peran yang dominan pada perekonomian nasional yang diharapkan mampu bersaing di perdagangan internasional,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Madura, Yanuar Calliandra.

Selain itu, Bea Cukai Surakarta bersama Bea Cukai Wilayah Jawa Tengah dan DIY mengadakan rapat koordinasi untuk mewujudkan Rumah Solusi Ekspor (RSE) dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Kanwil Pajak Jawa Tengah II, serta Wali Kota Surakarta.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Tri Wikanto menyampaikan bahwa pembangunan RSE ini merupakan kolaborasi Kementerian Keuangan dengan special mission vehicle-nya yaitu LPEI dalam rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Pembangunan RSE ini diharapkan dapat mengembangkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) berpotensi ekspor yang ada di Solo Raya pada khususnya dan provinsi Jawa Tengah pada umumnya untuk menjangkau pasar global. Diharapkan RSE ini menjadi tempat rendezvous bagi para pengusaha UMKM dan IKM yang berorientasi ekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta terpilih Gibran Rakabuming Raka, menyambut baik inisiatif Rumah Solusi Ekspor.

“Kami akan mendukung penuh pendirian RSE ini. Sejalan dengan tujuan RSE membantu para eksportir dan calon eksportir mengatasi berbagai permasalahan dalam menjangkau pasar global, Saya akan segera mendata UMKM yang berpotensi ekspor agar mau belajar bersama di RSE Surakarta,” ujarnya.

Tidak ketinggalan, Bea Cukai Tegal menemui Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes untuk membahas program penunjang PEN di wilayah Brebes. Salah satu pembahasan utama yang mereka diskusikan adalah mengenai penggalian potensi ekspor di ranah UMKM Kabupaten Brebes.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button