Nusantara

PABOI Evakuasi Pasien Patah Tulang Belakang dari Lembata

INDOPOSCO.ID – Delapan dokter orthopaedi yang tergabung dalam Tim Tanggap Bencana Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) hingga kini masih bertugas di lokasi bencana NTT sejak Kamis (8/4/2021)

Menurut dr. I Made Buddy Setiawan, SpOT(K), saat ini mereka sedang membantu melakukan evakuasi pasien yang membutuhkan tindakan yang cukup serius. Salah satu pasiennya seorang perempuan berusia 38 tahun yang merupakan korban dari bencana badai siklon di Lembata, NTT.

Dokter yang tergabung dalam organisasi PABOI dan IOSS/PCI itu mengatakan, pasien ini menderita patah tulang belakang dan luka-luka pada seluruh tubuh akibat terbawa arus banjir. Akibat dari patah tulang belakang ini, korban lumpuh pada kedua kakinya.

“Kondisi ini harus segera dioperasi sehingga peluang pasien untuk bisa berjalan kembali lebih besar,” ujarnya kepada media melalui keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Adapun anak dan keluarga dari pasien sudah ditangani di RS Lewoleba. Namun untuk operasi tulang belakang membutuhkan alat dan fasilitas yang khusus sehingga mengurangi risiko terjadinya komplikasi pascaoperasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button