Gaya Hidup

Orang Tua Perlu “Quality Time” dengan Anak Agar Ceria Meski di Rumah

INDOPOSCO.ID – Orang tua perlu tetap melakukan“ quality time“ dengan anaknya agar sang buah hati tetap bisa merasakan kenyamanan, keamanan, dan ceria meski kegiatannya dibatasi di rumah saja akibat diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang masih diperpanjang akibat masih meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Hal itu diungkapkan psikolog anak Anastasia Satriyo dalam sebuah bincang virtual bersama IKEA Indonesia untuk memberikan solusi bagi orang tua mengurus anaknya dengan keterbatasan ruang gerak di area rumah.

“Orang tua dan guru mulai mengalami emotional fatigue atau kelelahan emosi dan pandemic burnout atau kelelahan menghadapi pandemi yang sedang terjadi di masyarakat. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, misalnya ada yang terkena PHK, mendapat potongan upah atau harus bekerja sekaligus mengajar anak sekolah dari rumah. Tentunya ini bisa turut mempengaruhi psikologis dan kesehatan mental anak. Maka dari itu penting untuk orang berumur memiliki quality time bersama anak agar suasana di rumah menyenangkan,” kata Anastasia dalam keterangannya, Rabu (21/7).

Orang tua bisa melakukan quality time dengan menggambar, melukis, atau pun mewarnai bersama anak. Selain itu contoh kegiatan quality time yang bisa dilakukan adalah orang tua mengajak anak untuk memasak camilan bersama.

Anastasia pun menyebutkan untuk menjaga mood anak tetap baik meski berkegiatan hanya di rumah saja, orang tua juga harus ikut mengontrol mood dan sebisa mungkin menjaga suasana positif agar anak tetap nyaman dan ceria, dikutip dari Antara.

Terkadang orang tua lupa untuk menjaga mood sehingga anak pun ikut terbawa suasana yang kurang nyaman dan menjadi rewel.

Selain menghadirkan quality time dan menjaga mood orang dewasa, menciptakan ruang bagi anak yang nyaman juga penting sehingga ia bisa tetap beraktivitas dengan ceria.

IKEA pun memberikan solusi perabotan bagi anak yang bisa meningkatkan produktivitas dan mood anak misalnya lewat produk bantal empuk dari SLAKT dan PLUFSIG untuk anak bisa bermain dan belajar di lantai.

Atau bantal kaki yang empuk dari OVNING sehingga memberikan kenyamanan anak saat belajar di meja atau menjadi bisa digunakan menjadi sandaran kepala saat tiduran di bawah.

Dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman bagi buah hati, mood anak pun akan bisa tetap terjaga.

“Kami percaya bahwa menciptakan lingkungan rumah yang menyenangkan dapat membantu orang tua menjaga dan meningkatkan mood anak selama beraktivitas di rumah,” kata Interior Design Specialist IKEA Indonesia Kiki Ramantoko. (mg3)

Sponsored Content
Back to top button