Nasional

Optimalkan Serap Gabah, Tiga Menteri Panen Raya Padi

INDOPOSCO.ID – Tiga menteri Kabinet Indonesia maju kompak lakukan panen raya padi di Kabupaten Gresik, yakni Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, bersama-sama panen di Desa Tambakreja Kecamatan Duduksampean, Jumat (12/2//2021). Panen raya ini membuktikan bahwa pada Maret 2021 ini memasuki masa panen raya padi sehingga serap hasil panen harus optimal agar stok dan harga beras terjaga.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengharapkan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan gerakan di lapangan dan menggerakkan Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) di Kecamatan sebagai ujung tombaknya dalam mengoptimalkan masa panen raya padi. Komitmen yang kuat semua pihak yang terlibat di masing-masing tingkatan akan menjadi indikator keberhasilan pencapaian sasaran tanam padi, jagung dan kedelai.

“Pertanian itu harus dimulai dari hulu dan hilir, budidaya dan pascapanen, cara-cara terampil untuk menghilangkan kerugian serta mekanisasi pengolahan lahan,” demikian kata Syahrul.

Ia menyebutkan salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat untuk mendukung swasembada pangan adalah bantuan benih, bantuan alat mesin pertanian serta sarana dan prasarana lainnya (pupuk, jaringan irigasi). Tahun 2021 Kabupaten Gresik menerima bantuan benih padi untuk 2.500 ha dan jagung 1.000 ha.

“Bantunan ini untuk mendukung distribusi dan stabilitas harga pangan pada tahun 2021 ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Syahrul menuturkan sinergi antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian BUMN harus terus dilakukan karena memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Saat dikolaborasikan dapat menciptakan kebijakan yang tepat guna dan tepat sasaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button