Internasional

Oposisi Israel Siap Gulingkan Netanyahu

INDOPOSCO.ID – Pemimpin oposisi Israel bergerak semakin dekat untuk melengserkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ketika mereka secara resmi mengatakan kepada presiden negara itu bahwa oposisi telah mencapai kesepakatan dengan sekutu politik untuk membentuk pemerintahan baru.

Sekitar 35 menit sebelum batas waktu Rabu (2/6) tengah malam, Yair Lapid yang berada di kubu tengah itu mengatakan kepada Presiden Reuven Rivlin dalam email: “Saya merasa terhormat untuk memberi tahu Anda bahwa saya telah berhasil membentuk pemerintahan.”

Rivlin, yang menghadiri final piala sepak bola Israel pada saat itu, memberi selamat kepada Lapid melalui telepon, demikian dilansir Antara, Kamis (3/6/2021).

Mitra utama Lapid adalah nasionalis Naftali Bennett, yang akan menjabat sebagai perdana menteri pertama di bawah rotasi antara dua orang. Lapid, 57, mantan pembawa acara TV dan menteri keuangan, akan mengambil alih setelah sekitar dua tahun.

Pemerintah koalisi mereka akan terdiri dari partai-partai kecil dan menengah dari seluruh spektrum politik, termasuk Kelompok Arab Bersatu, yang untuk kali pertama dalam sejarah Israel sebuah partai yang mewakili 21% minoritas Arab Israel masuk ke pemerintahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button