Nusantara

One Man Show, Kades di Bogor Jadi Tersangka Korupsi

INDOPOSCO.ID – Kepala Desa (Kades) Sukawangi Periode 2015-2020 Endro Hermawanto akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Endro diduga terlibat kasus korupsi bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu).

Kepala Kejari Kabupaten Bogor Munaji mengatakan, dari 11 rutilahu, hanya empat yang terealisasi. Padahal total dana untuk bantuan rutilahu tersebut senilai Rp110 juta untuk dibagikan kepada 11 penerima secara tunai.

”Tapi, hanya dibagikan ke empat penerima atau senilai Rp40 juta, sehingga dikorupsi Rp70 juta,” ujarnya dalam konferensi pers di kantornya, Bogor, Kamis (25/2/2021).

Munaji mengatakan bahwa tersangka juga menilap uang dari lima kegiatan lain yang anggarannya bersumber dari dana desa dan bantuan keuangan (bankeu) provinsi pada 2019, dengan total kerugian negara senilai Rp900 juta.

Pertama, Endro meraup Rp287 juta dari proyek betonisasi jalan di Kampung Gombong yang pekerjaannya tak tuntas. Kedua, mendapat Rp300 juta dari proyek betonisasi jalan di Kampung Catang Malang yang sama sekali tak dikerjakan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button