Olahraga

Oksana Kozyna Cetak Sejarah Juara Dunia Pertama Asal Ukraina

INDOPOSCO.IDOksana Kozyna mencetak sejarah sebagai pebulu tangkis pertama Ukraina yang menyabet gelar juara dunia setelah memenangi pertandingan final tunggal putri Standing Lower SL 3 pada Kejuaraan Dunia Para-Badminton 2022 di Tokyo, Minggu.

Kozyna, yang baru saja berulang tahun ke-28 pekan ini, bersorak kegirangan dan langsung berlari ke arah sang pelatih saat merayakan kemenangan 20-22, 21-18, 21-14 atas wakil Turki Halime Yildiz. Emas itu menjadi medali pertama untuk Ukraina dalam Kejuaraan Dunia Para-Badminton ataupun Kejuaraan Dunia BWF.

“Saya telah mencatatkan sejarah untuk bulu tangkis Ukraina. Belum pernah ada sebelumnya yang pernah memenangi Kejuaraan Dunia. Oksana Kozyna adalah orang pertama yang meraih medali emas untuk badminton Ukraina. Ini sangat luar biasa,” kata Kozyna, dilansir laman resmi BWF, Minggu.

Berita Terkait

Kemenangan dia tak terlepas dari bantuan Federasi Bulu Tangkis Jepang yang turut membantu dia serta rekan satu timnya selama tinggal di Jepang.

Sambutan hangat juga sempat dirasakan Kozyna dan rekan-rekannya ketika mencari perlindungan di Prancis tahun ini sejak melarikan diri dari Ukraina yang sedang dilanda perang.

Sebagian besar keluarga Kozyna saat ini masih di Ukraina dan dia pun mendedikasikan kemenangannya itu kepada orang-orang terdekat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button