Olahraga

Haornas 2022, Bersama Cetak Juara dan Implementasi DBON

INDOPOSCO.ID – Masyarakat Indonesia tepat pada hari ini, Jumat (9/9) memperingati Hari Olahraga Nasional ke-39 dengan tema “Bersama Cetak Juara”, yang diusung sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Peringatan Haornas selalu hadir dengan tema yang berbeda, namun memiliki makna dan tujuan yang sama, yaitu membangun semangat kebangsaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih dari itu juga mengingatkan betapa pentingnya olahraga sebagai pondasi karakter berbangsa dan bernegara.

Hal itu tercermin dari kalimat-kalimat menggugah, seperti tema Haornas dalam lima tahun terakhir. Pada peringatan Haornas ke-34 pada 2017 tema yang diangkat adalah “Olahraga Menyatukan Kita”.

Baca Juga : Jaga Kebugaran, Anjing di UEA Olahraga di Gym Khusus

Satu tahun kemudian, Haornas ke-35 pada 2018 mengusung tema “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia” dan pada 2019 peringatan ke-36 yakni “Ayo Olahraga, di mana saja, Kapan saja”.

Memasuki tahun 2020, tema yang diambil mulai mengerucut dengan berfokus pada peningkatan prestasi olahraga Indonesia. Tema Haornas ke-37 kala itu adalah “Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry”.

Ketika itu pula, Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali merancang ulang sistem pembinaan atlet secara besar-besaran dari daerah hingga pusat.

Hingga akhirnya pada 2021 bertepatan dengan peringatan Haornas ke-38, Kemenpora memperkenalkan sebuah cetak biru pembinaan olahraga yang kemudian disebut Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON.

Tak ayal Haornas pada 2021 pun mengusung tema “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Sejak saat itu, Menpora dan pemangku kepentingan lainnya terus mengusung semangat perubahan paradigma baru olahraga Indonesia untuk mengimplementasikan DBON.

Bersama cetak juara

Tahun ini, Haornas memiliki tema “Bersama Cetak Juara” sebagai implementasi DBON. Tagline yang menggambarkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar melahirkan para juara bila semua pihak bersatu membangun bersama olahraga Indonesia.

Ya, dalam membangun olahraga nasional tidak bisa dilakukan secara individu. Perlu kerja sama, kolaborasi dan sinergi dari semua pihak.

Dalam DBON juga disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Keberadaan Desain Besar Olahraga Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2022 makin kokoh dengan dukungan dari banyak pihak.

Mayoritas dari mereka mengapresiasi dengan adanya DBON. Misalnya saja mantan atlet Olimpiade yang tergabung dalam Indonesian Olympian Associaciton (IOA) yang menyatakan kesiapan mengawal program DBON bersama cetak juara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button