Olahraga

Jungels Menangi Etape 9 Tour De France, Pogacar Tetap Kaus Kuning

Para pebalap yang melakukan breakaway melaju sangat kencang setelah melintas dekat markas uni balap sepeda internasional (UCI) dengan latar belakang Danau Jenewa.

Sebanyak 21 pebalap merangsek ke depan termasuk sejumlah pemenang etape Tour sebelumnya seperti Pinot, Warren Barguil, Luis Leon Sanchez, Simon Geschke, Ion Izaguirre, Nils Politt, Wout van Aert dan Rigoberto Uran.

Mereka ditempel ketat oleh peloton yang dipimpin oleh timnya Pogacar, UAE Emirates.

Pierre Latour meninggalkan kelompok breakaway itu 3,5km jelang puncak Col de la Croix, tanjakan sepanjang 8,1km dengan gradien 7,6 persen, tapi dia bertemu dengan Jungels, yang tampil solo sejak 62km terakhir jelang finis.

Sebanyak 13 pebalap mengejar di belakang, tertinggal satu menit di bagian bawah turunan, dan mereka tertinggal 1:50 di kaki tanjakan utama yang terakhir.

Jungels memimpin 2:10 ketika Pinot melakukan akselerasi brutal untuk mengejar sang pebalap Luksemburg 9km dari puncak Pas de Morgins, tanjakan sepanjang 15,4km dengan gradien rata-rata 6,1 persen.

Pinot, yang nyaris memenangi Tour 2019 tapi mundur karena cedera dua hari sebelum etape terakhir, memangkas jaraknya menjadi 19 detik. Tetapi ketika lintasan lebih landai, sang pebalap tim Groupama-FDJ mulai menjauh lagi dari Jungels.

Merupakan kebangkitan yang luar biasa bagi Jungels, yang tahun lalu melewatkan Tour dan Olimpiade untuk menjalani bedah mengatasi masalah pembuluh darah yang menghantui kariernya selama beberapa tahun.

“Butuh waktu sangat lama bagi saya untuk kembali setelah operasi. Kemenangan ini membuktikan bahwa semua yang meragukan saya itu salah tapi saya sangat bersyukur. Ini sangat emosional,” kata Jungels.(mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button