Olahraga

Penyelenggara IYC 2021 Janji Tegas Terhadap Rasisme

Menurut Gede, karena berstatus undangan, banyak dari penonton tersebut yang sebelumnya tidak pernah menyaksikan pertandingan sepak bola. Hal itu membuat mereka belum terbiasa dengan etika menyaksikan laga, apalagi di turnamen internasional seperti IYC.

“Banyak warga yang tak pernah menonton sepak bola diikutkan oleh pemerintah daerah untuk mengikuti turnamen internasional itu. Jadi kami terus memberikan peringatan dan antisipasi, baik melalui pengumuman di stadion maupun meminta bantuan para pemandu masyarakat untuk menginformasikan tindakan apa yang tak boleh dilakukan saat melihat pertandingan sepak bola,” tutur pria yang pernah menjadi CEO Persebaya dan Direktur Utama Persija tersebut.

Berdasarkan pantauan langsung di JIS pada IYC 2021, penyeru di dalam stadion akan memberikan peringatan langsung melalui pelantang ketika ada terdengar suara bertendensi seksisme atau rasisme dari tribun penonton. Penonton diingatkan untuk tidak mengulangi tindakannya atau akan dikeluarkan dari stadion jika tetap melakukan hal serupa.

Selain itu, peringatan juga tercantum di iklan elektronik yang tampil secara bergantian di pinggir lapangan. Iklan tersebut bertuliskan pesan seperti “Berantas tindakan seksisme”, “No room for racism” dan “Katakan tidak pada rasisme”.(wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button