Olahraga

Usulan Kelonggaran Karantina juga Berlaku untuk MotoGP Mandalika

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa usulan diskresi atau kelonggaran karantina untuk pelaku olahraga dari luar negeri tidak hanya berlaku untuk multievent yang akan digelar tahun ini, tetapi juga MotoGP di Mandalika pada Maret mendatang.

Diskresi tersebut berupa kewenangan menjalani karantina dengan kebijakan yang berbeda, seperti karantina dengan menerapkan sistem gelembung yang biasa digunakan dalam kejuaraan olahraga internasional.

Karantina sistem seperti itu sudah diterapkan dalam rangkaian Indonesia Badminton Festival di Bali pada November-Desember 2021.

Okto, sapaan akrab Raja Sapta, menilai kebijakan diskresi ini penting untuk atlet agar mereka bisa tetap latihan selama karantina.

Tak hanya itu, kebijakan masa karantina juga dinilai menyulitkan perwakilan organisasi olahraga internasional yang berencana ke Indonesia dalam rangka meninjau kesiapan tuan rumah dalam menggelar kejuaraan.

“Selain itu juga agar event-event yang rencananya digelar di Indonesia bisa tetap digelar di sini sehingga mereka bisa meninjau lokasi dan kesiapan-kesiapan,” kata Okto di sela Rapat Kerja KOI di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (20/1/2022).

“Di bulan Maret bukan hanya MotoGP, tetapi juga Piala Davis. Nanti ada juga Piala Dunia Panjat Tebing dan esports. Kebijakan itu bisa dipakai rata karena sistem gelembung ini yang paling ideal, karena sudah ada referensinya,” tambah dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button