Olahraga

Inggris dan Kanada Gabung dengan Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing

Baca Juga : Australia Ikuti Langkah AS Boikot Olimpiade Beijing

China mengatakan tidak mengundang pejabat Inggris.

“Pemerintah China belum mengundang menteri atau pejabat pemerintah dari Inggris untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing,” kata juru bicara kedutaan besar China di London.

“Mempermasalahkan kehadiran pejabat pemerintah di Olimpiade Musim Dingin Beijing pada dasarnya adalah kampanye pencemaran nama baik politik.”

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan keputusan boikot diplomatik Olimpiade diambil setelah perjuangan Australia buat membuka kembali saluran diplomatik dengan China untuk membahas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah barat Xinjiang dan langkah Beijing melawan impor Australia buntu.

Saat mengumumkan rencana itu, Morrison mengatakan Beijing belum menanggapi beberapa masalah yang diangkat oleh Canberra, termasuk tuduhan pelanggaran hak.

China telah membantah melakukan kesalahan di Xinjiang dan mengatakan tuduhan itu dibuat-buat.

Juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa politisi Australia terlibat dalam” posisi politik.”

“Apakah mereka datang atau tidak, tidak ada yang peduli,” tambahnya.

Komite Olimpiade Australia mengatakan boikot itu tidak akan berdampak pada persiapan atlet untuk Olimpiade, yang berlangsung mulai 4 hingga 20 Februari, menambahkan bahwa “opsi diplomatik” adalah urusan pemerintah.

Bagi Komite Olimpiade Kanada (COC), boikot diplomatik menunjukkan perbedaan antara partisipasi pemerintah dan atlet sembari menyediakan platform untuk menyoroti masalah China.

“Komite Olimpiade Kanada dan Komite Paralimpiade Kanada tetap prihatin dengan masalah di China tetapi memahami bahwa Olimpiade akan menciptakan platform penting untuk menarik perhatian mereka,” kata COC, demikian Reuters, dilansir Antara.(mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button