Olahraga

Statistik Grand Prix F1 Arab Saudi

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen dari tim Red Bull telah menang sembilan kali musim ini dibanding tujuh kemenangan yang diraih Hamilton. Pebalap Red Bull lainnya Sergio Perez, Esteban Ocon dari tim Alpine, Daniel Ricciardo dari McLaren dan Valtteri Bottas dari Mercedes masing- masing telah menang sekali musim ini.

Ferrari menjadi tim yang paling banyak mengantongi kemenangan yaitu di 238 balapan sejak 1950, McLaren 183, Mercedes 123, Williams 114 dan Red Bull 74.

Pole position

Hamilton juga telah 102 kali mengamankan pole position dan 60 kali menjuarai balapan dari posisi start terdepan. Rekan satu timnya, Bottas mengantongi empat pole musim ini.

Verstappen sembilan kali start terdepan tahun ini, sedangkan Charles Leclerc membawa Ferrari tercepat di kualifikasi Azerbaijan dan Monako. Lando Norris sementara itu merebut pole untuk McLaren di Rusia.

Persaingan klasemen

Verstappen mengantongi keunggulan delapan poin dari Hamilton dan Jeddah menawarkan kesempatan pertama bagi sang pebalap Belanda untuk mengunci titel pertamanya. Dia setidaknya harus finis posisi dua besar.

Sedangkan Mercedes memimpin klasemen konstruktor dengan margin lima poin dari Red Bull. Tim Silver Arrow bisa mengancing gelar juara bila mereka mampu meraih 40 poin lebih banyak dari rival terdekatnya itu.

Sementara Ferrari akan mengunci peringkat tiga apabila mereka mencetak lima poin lebih banyak dari McLaren, Kamis (2/12/2021).(mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button