Olahraga

Parlemen Uni Eropa Haramkan Liga Super Eropa

INDOPOSCO.ID – UEFA menyambut baik resolusi parlemen Uni Eropa yang menentang “kompetisi terpisah” seperti Liga Super Eropa tetapi para pendukung Liga Super Eropa meminta Uni Eropa memastikan” persaingan yang adil dan terbuka”.

Dua belas klub terkemuka Eropa pada April mengumumkan maksud mereka membuat Liga Super baru yang terpisah dari Liga Champions UEFA yang sudah mapan.

Setelah ditentang oleh komunitas sepak bola dan pendukung serta berbagai pemerintahan, proposal itu gagal total di mana enam klub Inggris ditambah Inter Milan, AC Milan dan Atletico Madrid mengundurkan diri.

Dua klub Spanyol Real Madrid dan Barcelona serta tim Italia Juventus bergeming untuk melanjutkan gagasan itu, Dan proses itu pun berlanjut di pengadilan Madrid sehingga menghindarkan UEFA menghukum klub- klub yang memisahkan diri itu.

Pada Mei, pengadilan meminta Pengadilan Eropa untuk memutuskan apakah FIFA dan UEFA melanggar undang- undang persaingan Uni Eropa karena menghalangi klub- klub itu menciptakan liga baru.

Resolusi yang disahkan oleh parlemen Eropa, dengan 597 suara mendukung melawan 36 suara menentang dan 55 abstain, menyerukan “model kompetisi Eropa” dengan “komitmen kuat mengintegrasikan prinsip-prinsip solidaritas, keberlanjutan, inklusivitas untuk semua, kompetisi terbuka, prestasi olahraga dan keadilan.”

Resolusi tidak mengikat yang akan diteruskan ke Dewan Eropa dan Komisi Eropa bersama dengan berbagai pemerintahan itu menyebutkan parlemen “sangat menentang kompetisi memisahkan diri yang merusak prinsip-prinsip tersebut dan membahayakan stabilitas seluruh ekosistem olahraga.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button