Olahraga

Fakta Menarik dari Fabio Quartararo, Juara Dunia Baru MotoGP

INDOPOSCO.ID – Fabio Quartararo menjadi pebalap Prancis pertama yang memenangi kejuaraan dunia MotoGP setelah ia finis peringkat empat di Grand Prix Emilia Romagna pada Minggu (24/10) ketika rival terdekatnya, Francesco Bagnaia terjatuh.

Polesitter Bagnaia memimpin balapan di kandang Ducati itu sedari start namun dengan lima lap tersisa ia terjatuh, menyerahkan kemenangan ke Marc Marquez dan gelar juara dunia ke Quartararo, yang raihan poinnya tak terkejar lagi dengan dua balapan tersisa.

“Saya tak bisa mempercayai ini,” kata Quartararo berlinang air mata setelah lomba.

“Sekarang saya mewujudkan mimpi saya. Terasa menyenangkan ada keluarga saya di sini dan kami akan menikmati malam ini hingga akhir musim.”

Kemenangan Quartararo itu mengakhiri hampir satu dekade dominasi pebalap Spanyol, setelah Marc Marquez (enam titel), Jorge Lorenzo (2012 dan 2015), dan Joan Mir (2020) memenangi sembilan gelar juara dunia sebelumnya.

Pebalap Australia Casey Stoner merupakan pebalap non-Spanyol terakhir yang merebut titel ketika ia mendominasi musim 2011 bersama Honda.

Dilansir laman resmi MotoGP, Quartararo, sementara itu, memulai membalap di usia empat tahun, dimanajeri oleh Jean Phillipe Henry dan sang ayah Etienne, yang juga merupakan mantan juara dunia asal Prancis di kelas 125cc.

Ayah Quartararo adalah seorang tukang kunci, sedangkan sang ibunda berprofesi sebagai penata rambut. Quartararo saat ini tinggal di Andorra, demikian dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button