Olahraga

Singkirkan Spanyol, Italia Melaju ke Final EURO 2020

Italia berhasil memecah kebuntuan melalui serangan balik dan diakhiri Federico Chiesa menjadi gol. Bermula ketika sodoran bola diberikan Donnarumma kepada Marco Verratti yang langsung berlari membawa bola ke jantung pertahanan Spanyol. Chiesa mengakhiri gerakan dengan melepaskan tendangan melengkung melewati hadangan dua bek Spanyol ke arah sudut jauh gawang Spanyol dan tak mampu dihadang kiper Unai Simon. 1 – 0 untuk Italia.

Pada menit ke-80, pemain pengganti Spanyol Alvaro Morata berhasil menjebol gawang Donnarumma dari luar kotak penalti menyusul assist dari Dani Olmo. Gol ini terjadi hanya beberapa detik setelah Domenico Berardi hampir merobek gawang Spanyol untuk kali kedua.

Skor 1-1 tak berubah sekalipun Spanyol tanpa henti terus menggempur pertahanan Azzurri. Situasi ini membuat laga dilanjutkan ke babak tambahan hingga pluit panjang berakhir kedudukan tetap 1-1 sehingga laga dilanjutkan ke babak tos-tosan.

Usai laga Bek timnas Italia, Leonardo Bonucci menyatakan kalau laga melawan Spanyol ini memberinya tantangan terberat dalam karier. Sebab anak asuh Roberto Mancini itu hanya mencatatkan tujuh tembakan sedangkan Spanyol melepaskan 17 tembakan selama 120 menit, pertandingan.

“Ini adalah pertandingan terberat yang pernah saya lakoni. Saya mengucapkan selamat kepada Spanyol atas apa yang mereka tunjukkan, tetapi sekali lagi Italia menunjukkan hati, tekad, dan kemampuan untuk melewati masa-masa sulit ini,” kata bek veteran tersebut seperti dikutip Antara.

“Sekarang tinggal satu sentimeter lagi. Luar biasa apa yang kami lakukan. Kami akan kembali ke sini dalam lima hari dan kami harus memiliki sikap yang sama untuk membawa pulang trofi yang tidak kami miliki selama 50 tahun,” tutur Bonucci.

Dia menyatakan dirinya tak bisa menggambarkan rasa emosinya dengan kata-kata. “Ini adalah pertandingan yang sulit, Spanyol sangat hebat malam ini, tetapi kami kembali ke sini pada 11 Juli untuk final,” kata pemain Juventus tersebut.

“Spanyol memiliki pemain bintang, tetapi kami berjuang sampai akhir dan kami melakukannya. Ketika (Manuel) Locatelli gagal mengeksekusi penalti pertama, semua orang dengan tenang mengatakan kami bisa melakukannya,” cerita Bonucci. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button