Olahraga

Singkirkan Spanyol, Italia Melaju ke Final EURO 2020

INDOPOSCO.ID – Italia mengalahkan Spanyol lewat adu penalti dalam semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021) setelah kedua kesebelasan bermain imbang 1 – 1. Kiper Italia Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pahlawan Italia setelah mementahkan tendangan pemain Spanyol Alvaro Morata dalam adu penalti dan mengantarkan Italia ke final Euro 2020.

Morata yang sebelumnya memaksa laga dilanjutkan ke babak adu penalti setelah menyamakan 1-1 dari gol Federico Chiesa, secara dramatis justru menjadi salah satu dari dua penendang Spanyol yang gagal mengeksekusi penalti sehingga akhirnya Italia menang 4 – 2.

Empat penendang Italia yang berhasil menjalankan tugasnya dengan baik adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sedangkan penendang pertama mereka Manuel Locatelli gagal karena diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil melesakkan gol melalui Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sementara tendangan Dani Olmo melebar di atas gawang dan tendangan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma. Ini kali pertama Spanyol gagal memenangkan semifinal Euro dari lima babak semifinal yang telah mereka lalui.

Seperti dilaporkan Antara, Spanyol menekan pertahanan Italia secara bergelombang tetapi memang hanya sedikit peluang yang mereka ciptakan, termasuk pada menit ke-25 ketika kiper Italia Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang dengan mementahkan tendangan striker Spanyol Dani Olmo.

Delapan menit berselang, Olmo kembali menembus pertahanan Italia. Kali ini dia menerima bola kiriman Koke, sayang tendangan kaki kanannya melebar di atas gawang Donnarumma.

Italia baru bisa menciptakan peluang pertamanya di menit 45, ketika tendangan bek kiri Emerson Palmieri meluncur keras dan membentur tiang gawang Spanyol. Kedua kesebelasan berbagi hasil imbang di babak pertama.

Pada babak kedua pertandingan berjalan lebih seru. Kedua tim saling balas mengancam pertahan lawan. Ciro Immobile membuang peluang gol ketika tinggal berhadapan dengan Unai Simon pada menit ke-49, sebaliknya Sergio Busquets hampir memecah kebuntuan tandukannya gagal menembus gawang Italia. Baik Donnarumma maupun Simon harus berjibaku menyelamatkan gawang masing-masing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button