Olahraga

Belgia Vs Portugal, Peringkat 1 Dunia Lawan Juara Bertahan, Siapa Menang?

Mereka akan diapit oleh bek kanan Thomas Meunier dan Thorgan Hazard di kiri. Dan mengingat Witsel sudah bugar lagi maka dia akan menjadi jangkar di tengah dengan bantuan Youri Tielemans yang lebih bervisi ofensif.

Kreativitas serangan kembali dipikul Kevin De Bruyne yang kemungkinan bakal ditaruh sebagai salah satu dua gelandang serang Belgia. Dia akan bermitra di sepertiga lapangan terakhir dengan Eden Hazard, untuk mengalirkan bola dari tengah dan sekaligus membuka ruang bermanuver kepada penyerang utama Romelu Lukaku baik dalam merancang gol maupun menciptakan sendiri golnya.

Sementara itu Portugal sudah bisa lagi diperkuat Danilo Pereira dan Nelson Semedo sejak awal pertandingan setelah tak bisa bermain penuh sewaktu melawan Prancis.

Pelatih Fernando Santos kemungkinan besar tak akan mengubah skuad yang sukses menahan seri Prancis 2-2 dalam laga terakhir fase grup.

Di lini belakang, kiper Rui Patricio akan dikawal kembali oleh duet bek tengah Pepe dan Ruben Dias yang diapit dua bek sayap Semedo dan Raphael Guerreiro yang bisa aktif meneror Belgia dari kedua sisi lapangan.

Sedangkan Danilo menjadi jangkar di tengah guna mematikan de Bruyne, dan kemungkinan akan didampingi Joao Moutinho dan salah satu dari Bruno Fernandes atau Renato Sanches yang sedang dibidik Liverpool dan Arsenal.

Di sepertiga terakhir lapangan, Bernardo Silva akan menyamping ke kanan, mendampingi penyerang utama Cristiano Ronaldo, sedangkan rekannya Diogo Jota berada di samping kiri Ronaldo. Jika kedua pemain ini tak efektif mengimbangi manuver Ronaldo, maka Andre Silva dan Joao Felix bisa menjadi pilihan berikutnya.

Statistik penting kedua tim

Kedua tim mencetak tujuh gol selama fase grup. Bedanya, Belgia keluar sebagai juara Grup B dengan nilai sempurna sembilan, sedangkan Portugal masuk 16 Besar sebagai salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik.

Pemenang pertandingan ini akan menghadapi Italia dalam perempatfinal di Muenchen pada 2 Juli.

Ini adalah pertemuan pertama mereka dalam putaran final Euro, namun sudah enam kali bertemu dalam kualifikasi Euro yang terakhir terjadi pada dua laga kualifikasi Euro 2008 yang keduanya dimenangkan Portugal.

Total Portugal sudah menang enam kali dari 18 pertemuan kedua tim, sedangkan Belgia lima kali dan seri tujuh kali.

Ini partisipasi kedua berturut-turut Belgia dalam putaran final Euro dan total yang keenamnya. Pencapaian terbaik Belgia adalah final Euro 1980 ketika dikalahkan 1-2 oleh Jerman Barat di Roma.

Belgia adalah pencetak gol terbanyak babak kualifikasi Euro 2020 dengan 40 gol dari 10 pertandingan. 15 pemain Belgia menjaringkan gol selama kualifikasi 2020.

Bagi Portugal, Euro 2020 adalah Piala Eropa ketujuh berturut-turutnya dan total yang kedelapan.

Pada Euro 2016, seperti putaran final 2020 ini, Portugal menduduki urutan ketiga dalam fase grup. Namun menjadi juara setelah mengalahkan Kroasia 1-0 dalam 16 besar, menghentikan Polandia 5-3 dalam adu penalti perempatfinal, menaklukkan Wales 2-0 dalam semifinal dan menundukkan tuan rumah Prancis 1-0 dalam partai final.

Ronaldo mencetak 11 gol selama kualifikasi Euro 2020 yang berselisih satu gol dari pencetak gol terbanyak Harry Kane. Ronaldo juga selalu mencetak gol dalam semua dari liga fase grup Portugal dalam putaran final Euro 2020. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button