Olahraga

Pekerjan Jadi Enteng, Ketua Wasit UEFA Dukung Teknologi VAR

Rosetti mencontohkan putusan nonpenalti ketika kaki Raheem Sterling sedikit diinjak dalam laga Inggris vs Skotlandia adalah tindakan tidak menghukum kontak marjinal atau ringan.

Ia juga memuji bahwa penggunaan VAR sepanjang turnamen, yang oleh UEFA sudah dinyatakan lebih cepat dalam mengambil keputusan dan tidak terlalu mengganggu dibandingkan kompetisi lain. “Kami tahu kekuatan proyek ini, tetapi juga batasannya. Ini bukan proyek mudah dan kami tahu apa yang terjadi di beberapa negara ada penggunaan keliru dari proyek ini,” ujarnya sambil membubuhkan bahwa sistem ini membutuhkan ‘pilot yang handal dan ahli’.

Salah satu inovasi dalam Euro 2021 adalah penambahan petugas VAR yang khusus untuk memantau dugaan offside dan menurut UEFA itu sudah membantu percepatan pengambilan keputusan. Sejauh ini sistem ini telah menggambil 12 keputusan tepat –tujuh di antaranya secara langsung oleh VAR dan lima lainnya melalui tinjauan di monitor tepi lapangan– dan telah melakukan 179 peninajauan VAR.

UEFA menyatakan bahwa keputusan di lapangan 91,6 persen adalah benar. “Kami perlu menemukan titik keseimbangan yang tepat … targetnya adalah menjaga sepak bola seperti apa adanya, kami tidak bisa, tidak dapat menerima, untuk meningkatkan … mempelajari setiap kontak-kotan kecil di dalam kotak penalti,” jelas Rosetti.

“Hukum permainan ini jelas. Kita ingin meminimalisirgangguan untuk keuntungan maksimal. Kami ingin mengintervensi kesalahan-kesalahan yang jelas dan nyata,” tandasnya. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button