Olahraga

Pekerjan Jadi Enteng, Ketua Wasit UEFA Dukung Teknologi VAR

INDOPOSCO.ID – Penggunaan teknologi VAR di tengah banyaknya hadiah tendangan penalti yang mewarnai pertandingan Euro 2020 mendapat dukungan dari Ketua Komisi Wasit UEFA Roberto Rosetti.

”Kejuaraan Euro 2020 baru selesai memainkan fase penyisihan grup dan 14 tendangan penalti sudah dihadiahkan wasit, dua buah lebih banyak dibandingkan sepanjang turnamen edisi sebelumnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, yang pasti keputusan akurat lebih banyak dengan teknologi VAR. Ini karena sebelum proyek VAR ada, begitu banyak pelanggaran di dalam kotak penalti yang luput dari pengamatan wasit.

“Kini nggak mungkin kita luput, misalnya melihat ada injakan kaki di dalam kotak penalti dan VAR memudahkan peninjauan,” kata Rosetti dilansir Reuters melalui Antara, Jumat (25/6/2021).

Injakan ke kaki, lanjut dia, kerap berujung jadi hukuman sepanjang turnamen dan memang pelanggaran tetapi mantan wasit Liga Italia itu menyatakan perlunya standard lebih tinggi untuk menghadiahkan tendangan penalti.

“Tendangan penalti adalah sesuatu yang penting dan serius dalam sepak bola. Kita tak menyukai penalti yang lunak. Kami ingin penalti yang jelas, tindakan dan pelanggaran yang jelas dari bek,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button