Olahraga

16 Besar Euro 2020, Jerman Lawan Inggris, Belgia vs Portugal

Belgia tak terkalahkan melawan Portugal dalam lima pertemuan terakhir termasuk memenangi tiga di antaranya.

Kroasia vs Spanyol @ Kopenhagen (28 Juni 23.00 WIB)

Kroasia membuktikan status runner-up Piala Dunia 2018 bukanlah kebetulan dengan mengalahkan Skotlandia 3-1 di laga terakhir Grup D untuk lolos sebagai runner-up.

Berita Terkait

Spanyol yang mengawali petualangan di Grup E dengan dua hasil imbang seolah membuka keran golnya di laga terakhir untuk melumat habis Slovakia 5-0 dan lolos sebagai runner-up.

Kroasia vs Spanyol akan dimainkan di Stadion Parken, Kopenhagen, pada Senin (28/6) mulai pukul 23.00 WIB.

Kedua tim terakhir kali bertemu di UEFA Nations League 2018/19, di mana Spanyol memenangi pertandingan pertama dengan skor telak 6-0 sebelum Kroasia membalas dengan “hanya” 3-2.

Prancis vs Swiss @ Bucharest (29 Juni 02.00 WIB)

Prancis lolos sebagai juara Grup F dengan hasil yang relatif tidak superior hanya meraih lima poin, hanya tiga tahun setelah menjuarai Piala Dunia 2018.

Swiss merupakan tim pertama yang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik penyisihan grup dengan raihan empat poin dan selisih gol defisit satu di Grup A.

Prancis dan Swiss akan terbang ke Bucharest, Romania, untuk memainkan pertandingan mereka di Stadion Nationala Arena pada Selasa (29/6) mulai pukul 02.00 WIB.

Lima tahun lalu kedua tim bertemu di Grup A Euro 2016 dan berbagi satu poin setelah imbang 0-0, tapi Prancis sudah hampir tiga dasawarsa tidak pernah kalah melawan Swiss. Terakhir kali terjadi pada 1992 dalam laga persahabatan yang dimenangi Swiss 2-1.

Inggris vs Jerman @ London (29 Juni 23.00 WIB)

Lolos sebagai juara Grup D, Inggris adalah tim yang produktivitas golnya paling minimalis di antara tim-tim juara grup lainnya, yakni hanya dua gol saja.

Jerman lolos sebagai runner-up Grup F setelah nyaris dikejutkan oleh Hongaria dan akhirnya bisa mengimbangi lawannya itu dengan skor 2-2 di laga pemungkas.

Inggris jelas diunggulkan karena mereka akan menjamu Jerman di Wembley, London, pada Selasa (29/6) pukul 23.00 WIB, dan lawannya besar kemungkinan tanpa suporter karena regulasi terkait COVID-19 mengharuskan pendatang menjalani karantina 10 hari setibanya di Inggris.

Jerman adalah sumber kekecewaan Inggris di turnamen-turnamen bergengsi dari tahun ke tahun, termasuk saat kalah adu penalti dalam semifinal Euro 1996 yang juga dimainkan di Wembley saat itu.

Swedia vs Ukraina @ Glasgow (30 Juni 02.00 WIB)

Swedia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah kemenangan dramatis 3-2 atas Polandia yang menyusul keberhasilan mereka mengimbangi tim unggulan Spanyol di laga pertama.

Ukraina adalah salah satu tim yang memanfaatkan jalur peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar kendati hanya meraih tiga poin dan defisit satu gol di Grup C.

Swedia vs Ukraina akan dimainkan di Hampden Park, Glasgow, pada Rabu (30/6) mulai pukul 02.00 WIB.

Kedua tim hanya pernah bertemu empat kali sepanjang sejarah dan Swedia kalah tiga kali, termasuk dalam babak penyisihan grup di Euro 2012. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button