Olahraga

Preview Belanda vs Makedonia Utara di Grup C Euro 2020

Frank de Boer memang mempertimbangkan formasi standar Belanda 4-3-3, tetapi sepertinya dia tetap setia dengan 3-5-2 agar tim semakin terbiasa dalam taktik yang sudah membuat Belanda dua kali menang ini.

Kesetiaan kepada format juga demi menjaga soliditas dan momentum, terlebih setelah masuknya lagi Matthijs de Ligt dalam skuad, bolong pertahanan yang dua kali dijebol oleh Ukraina, berhasil ditutup sehingga Austria yang memiliki pemain kelas dunia seperti David Alaba pun tak bisa menerobosnya.

Oleh karena itu, de Boer akan tetap memasang formasi itu dan de Ligt kembali dipasang untuk membangun triumvirat pertahanan bersama Nathan Ake dan Daley Blind dalam melindungi kiper Marteen Stekelenburg.

Berita Terkait

De Boer juga tetap memainkan dua bek sayap eksplosif yang gemar meneror bek lawan, terutama bek kanan Denzel Dumfries yang sudah dua kali mencetak gol, sedangkan satunya lagi bek kiri Patrick van Aanholt.

Namun sepertinya Marten de Roon dan Frenkie de Jong akan diistirahatkan untuk memberi tempat kepada gelandang serang Davy Klaassen dan gelandang bertahan Ryan Gravenberch mendampingi Georginio Wijnaldum yang cenderung menyerang dan tetap starter.

De Boer juga bakal mencoba Donyell Malen yang tampil gemilang sewaktu menjadi pemain pengganti dalam laga melawan Austria, untuk mengisi tempat Wout Weghorst sebagai pendamping Memphis Depay di ujung serangan.

Pelatih Igor Angelovski akan menjawabnya dengan sistem 4-4-2 di mana kapten Goran Pandev dan Eljif Elmas menjadi orang terakhir saat Makedonia Utara menghunus pedang serangan.

Stole Dimitrievski akan dilapis oleh duo bek tengah Visar Musliu dan Darko Velkovski yang diapit bek kanan Stefan Ristovski dan bek kiri Ezgjan Alioski.

Ristovski dan Alioski juga bertugas menutup gerakan Belanda dari sayap sekaligus mendukung skuad merangsek ke sepertiga lapangan terakhir.

Di tengah, Boban Nikolov dan Stefan Spirovski menjadi poros ganda permainan, sedangkan gelandang ketiga Enis Bardi membantu Pandev dan Elmas di depan.

Statistik penting kedua tim

Belanda menang 3-2 atas Ukraina dan 2-0 dari Austria, sedangkan Makedonia Utara kalah 1-3 melawan Austria dan 1-2 dari Ukraina. Belanda 6 poin dan lolos ke 16 besar, Makedonia Utara nol poin dan tersisih.

Kedua tim sudah pernah bertemu empat kali yang semuanya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia di mana Goran Pandev bermain dalam empat laga ini.

Ini putaran final turnamen besar pertama Makedonia Utara setelah lolos dari jalur playoff Nations League.

Makedonia Utara adalah negara ke-35 yang lolos ke putaran final Euro.

Belanda sudah sembilan kali tampil dalam putaran final Euro, tidak lolos pada 2016 dan 1984.

Belanda juara Euro 1988 dan finis urutan ketiga dalam Euro 1976 dan mencapai semifinal 1992, 2000 dan 2004. Terakhir masuk putaran final pada 2008 sampai perempatfinal.

Ini pertama kali Belanda mengikuti putaran final turnamen besar sejak finis urutan ketiga dalam Piala Dunia 2014 di Brazil.

Menang atas Ukraina membuat catatan Belanda di Amsterdam menjadi 58 menang, 26 seri, 34 kalah. Di Johan Cruijff Arena mereka sudah menang 41 kali, 19 seri, 14 kalah. (arm)

Dikutip dari Antara

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button