Olahraga

Ukraina Vs Belanda, Siapa Lebih Tangguh?

Dengan memasang keduanya, Belanda berusaha konstan menekan dari kedua saya dan memaksimalkan lebar lapangan. Sedangkan tanggung jawab menjaga sektor tengah akan menjadi urusan Marten de Roon. Gelandang Atalanta ini akan didukung maksimal oleh superstar Barcelona Frenkie de Jong dan Wijnaldum yang musim depan merapat ke Paris Saint German.

Kedua gelandang kreatif ini diberi kebebasan untuk mengendalikan sektor tengah sambil memberikan dorongan ke depan. Setelah itu, Memphis Depay yang menanjak performanya belakangan ini, termasuk menyelamatkan Belanda dari sergapan Skotlandia dalam laga persahabatan beberapa hari lalu, akan menjadi pemain kunci dalam lini serang.

Dia akan berpasangan dengan Wout Weghorst yang produktif bersama VfL Wolfsburg di Bundesliga. Kemitraan mereka akan membentuk dua ujung runcing dalam sistem serangan Belanda.

Ukraina sendiri sepertinya enggan hanya bertahan. “Yang utama adalah kami punya gaya tentu yang kami mainkan dan kami tak akan mengubahnya. Kami mungkin memiliki kesempatan memainkan 4-3-3 atau misalnya 3-5-2, tetapi prinsip kami tak akan berubah,” kata Shevchenko.

Dari kemungkinan line-up dan pernyataan Shevchenko itu, Ukraina sepertinya akan beradaptasi dengan lawan, tetapi menolak menumpuk pemain di wilayah sendiri, sekalipun kecenderungannya mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati tergantung situasi yang dipicu pola yang dimainkan Frank de Boer.

Catatan buruk pada fase grup dalam dua Euro sebelumnya dan tekad Shevchenko keluar dari kutukan fase grup, bisa mendorong Ukraina untuk pragmatis dengan beradaptasi dengan pola bermain Oranye.

Untuk itu mereka mungkin memasang bek Illya Zabarnyi yang kabarnya sedang didekati Chelsea, bersama Mykola Matviyenko dan Vitaliy Mykolenko guna membentuk formasi tiga bek tengah guna melindungi penjaga gawang Heorhiy Bushchan.

Oleksandr Karavayev yang biasanya dipasang dalam formasi 4-3-3 akan digeser ke kanan, sedangkan Eduard Sobol menempati bagian berlawanan dari sektor pertahanan kiri Ukraina.

Setelah itu, dua gelandang veteran, Taras Stepanenko atau mungkin Ruslan Malinovskyi, dan Serhiy Sydorchuk, ditaruh di tengah, untuk menandingi duet de Jong dan Wijnaldum.

Akan halnya kapten mereka yang gelandang Manchester City dan serba bisa di berbagai posisi, Oleksandr Zinchenko, dimajukan dari posisi biasanya di sayap, menjadi lebih ke depan guna menyokong Roman Yaremchuk akan menjadi ujung tombak yang diapit Andriy Yarmolenko dan Oleksandr Zubkov.

Statistik kedua tim

Ini pertemuan ketiga Belanda dan Ukraina. Belanda satu kali menang, sedangkan satunya lagi seri

Setelah enam kali kalah dalam delapan pertandingan selama 2020, Ukraina tak pernah kalah dalam enam pertandingan terakhirnya, walaupun seri 1-1 empat kali

Belanda hanya satu kali kalah dalam sepuluh pertandingan terakhir, termasuk laga persahabatan

Ini Piala Eropa kesepuluh untuk Belanda. Mereka menjuarai turnamen ini pada 1988 setelah menaklukkan Uni Soviet 2-0 dalam final

Belanda sudah empat kali masuk semifinal Euro tapi kalah pada semua dari tiga laga fase grup Euro 2012 yang terakhir mereka ikuti

Ini partisipasi ketiga Ukraina dalam putaran final Euro dan itu terjadi berturut-turut. Tapi mereka tak pernah bisa melewati fase grup

Ukraina tak bisa mencetak gol dalam lima pertandingan putaran final Euro terakhirnya. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button