Olahraga

Sergio Perez Juara GP Azerbaijan usai Kecelakaan Dramatis Max Verstappen

Para pebalap baru bisa melakukan pitstop untuk berganti ban empat lap berselang setelah trek bersih dari serpihan mobil Stroll.

Verstappen bertahan sebagai pemimpin lomba setelah restart, sementara Vettel mencuri dua posisi dari Leclerc dan Gasly untuk mengejar peluang podium di belakang Perez dan Hamilton.

Tampil tenang sepanjang balapan, Verstappen justru mendapat kejutan setelah kehilangan kendali mobilnya di lintasan lurus utama, serupa dengan insiden Stroll, lima lap jelang finis.

Kegagalan ban kemungkinan menjadi penyebab utama insiden tersebut ketika sebagian besar pebalap bertahan menggunakan ban hard setelah sepuluh lap pembuka.

Verstappen keluar dari mobil tanpa cedera dan meluapkan kekesalannya dengan menendang ban mobilnya.

Race director memutuskan red flag dikibarkan, menghentikan sementara balapan dengan tiga lap tersisa, dan memberi kesempatan para pebalap berganti ban.

Setelah restart, Hamilton mencoba mencuri posisi namun justru gagal mengerem dan melaju ke runway tikungan pertama, memberi jalan bagi Perez untuk meraih kemenangan pertamanya di Baku dan kedua dalam kariernya.

Leclerc menahan gempuran pebalap McLaren Lando Norris, yang mendapat penalti mundur tiga posisi start karena melanggar peringatan bendera merah pada kualifikasi, untuk membawa Ferrari finis P4 sedangkan Fernando Alonso mengklaim P6 untuk tim Alpine.

Rookie Yuki Tsunoda menambah poin bagi tim AlphaTauri di P7 sedangkan Carlos Sainz di mobil Ferrari kedua kembali ke zona poin di P8 setelah melakukan kesalahan di awal lomba.

Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonnen melengkapi peringkat sepuluh besar untuk McLaren dan Alfa Romeo.

Mercedes harus menelan pil pahit karena kedua pebalapnya gagal finis di zona poin, Valtteri Bottas di P12 dan Hamilton di P15.

Setelah enam balapan, Verstappen masih menghuni puncak klasemen dengan 105 poin, unggul empat poin dari Hamilton. Sementara Perez naik ke peringkat empat dengan 69 poin.

Norris terpaut tiga poin dari sang pebalap Meksiko dan Leclerc di peringkat lima dengan 52 poin menuju GP Prancis dua pekan mendatang. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button