Nasional

Nyapres 2024, Megawati Dongkrak Perolehan Kursi PDIP

INDOPOSCO.ID – Majunya Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pada pemilu presiden (Pilpres) 2024 akan mempercepat proses konsolidasi organisasi. Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Promega Centre Mochtar Mohammad dalam keterangan, Selasa (8/6/2021).

Sebagai pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan di Pilpres 2024 hasil Kongres V di Bali 2019 lalu, menurutnya, Megawati bisa mendongkrak perolehan kursi PDI Perjuangan di semua tingkatan.

“Majunya Ibu Megawati semangat gotong-royong kader akan semakin massif dan militan, seperti terjadi di Pemilu 1999 lalu,” katanya.

Ia mengatakan, Megawati bersama dengan Presiden Joko Widodo punya potensi untuk menggalang koalisi besar. Karena posisi saat ini partai-partai besar berada dalam satu barisan dalam koalisi pendukung pemerintah.

“Rekam jejak Megawati tidak diragukan lagi. Dia berpengalaman menjadi Presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi dampak dari krisis ekonomi tahun 1998,” bebernya.

“PDIP adalah satu-satunya partai yang sudah siap tiket di Pilpres. Karena memiliki 128 kursi di DPR. Syarat untuk tiket pilpres atau presidensial threshold adalah 115 kursi (20 persen dari jumlah kursi di DPR RI),” imbuhnya.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil konsinyering dan kesepakatan bersama Komisi II DPR RI, pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pemungutan suara pileg dan pilpres dilaksanakan pada 28 Februari 2024. Tahapan dimulai dilakukan 25 bulan sebelum pemungutan suara, yakni Maret 2022. (nas)

Sponsored Content
Back to top button