Nusantara

Jadi Desa Wisata, Penjualan Tenun Desa Pajam Wakatobi Naik

INDOPOSCO.ID – Penjualan tenun khas Desa Pajam Pulau Kaledupa di Kabupaten Wakatobi mengalami kenaikan setelah desa itu dinobatkan sebagai desa wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kata Kepala Community Base Tourism (CBT) Desa Wisata Pajam Mulyadi.

“Setelah dinobatkan jadi desa wisata, alhamdulillah meningkat,” kata Mulyadi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (11/12).

Mulyadi menjelaskan kini Desa Pajam yang merupakan kampung penenun lebih banyak mendapatkan pesanan tenun dari luar daerah seperti Kendari dan Baubau.

Berita Terkait

Dia menerangkan bahwa terdapat 101 penenun dari 287 rumah yang ada di Desa Pajam. Sekitar 75 persen dari seluruh rumah merupakan rumah penenun, dan 90 persen kaum perempuan di Desa Pajam adalah penenun. “Menenun sudah menjadi mata pencaharian utama di sini,” katanya.

Harga tenun asli Wakatobi berbeda-beda tergantung pada jenis bahan dan motif mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta untuk ukuran 4 x 1 meter. Selain itu ada pula tenun berbentuk syal yang dijual seharga Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per lembar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button