Nusantara

Ditemukan 8.034 Penderita HIV/AIDS di Riau

INDOPOSCO.ID – Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau hingga Oktober 2022 telah ditemukan 8.034 Orang Dengan HIV/AIDs (ODHA) dan di antaranya 3.711 orang sudah dalam stadium AIDS.

“Penemuan kasus HIV/AIDs di Provinsi Riau sebesar 8.034 orang itu atau setara dengan 69, 2 persen dari 11. 596 target yang ditetapkan untuk nasional,” kata Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution di sela Rapat Koordinasi Daerah, Komisi Penananggulangan AIDS (KPA) Provinsi Riau, di Kota Pekanbaru, seperti dikutip Antara, Kamis (17/11/2022).

Ia mengatakan, karakteristik temuan kasus HIV dan AIDS di Provinsi Riau sudah mengarah kepada populasi umum, dengan jumlah terbesar berada di Kota Pekanbaru dengan 4.730 kasus.

“Temuan kasus pada ibu rumah tangga menduduki rangking ketiga terbesar dan temuan kasus HIV terbesar banyak ditemukan pada kelompok usia produktif yakni umur 25-45 tahun,” ujarnya.

Ia menekankan, dalam upaya percepatan penanggulangan HIV/AIDS secara nasional Pemerintah telah menetapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Standar itu harus dicapai oleh Pemerintah Daerah dan sudah tertuang dalam PP Nomor 2 tahun 2018, dan pencapaian SPM jadi tanggung jawab pemerintah daerah bupati, wali kota dan gubernur.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button