Nusantara

Penyu Belimbing Dapat Ditemukan di Dua Tempat di Perairan Maluku

“Keberhasilan penetasan sarang penyu merupakan salah satu angin segar bagi keberlangsungan populasi penyu belimbing di perairan Pasifik,” ungkapnya.

Raden mengatakan saat ini WWF IBAS sedang memantau penyu belimbing untuk basis data penyu belimbing di Maluku, sekaligus pengambilan kebijakan konservasi penyu di Indonesia.

“Pada Pulau Buru kita melakukan pendataan pantai peneluran penyu belimbing dengan melibatkan masyarakat sebagai mitra lapangan dalam mengumpulkan informasi individu dan sarang, sedangkan Kepulauan Kei, kita melakukan pemantauan kemunculan penyu belimbing di dalam kawasan konservasi Kei Kecil,” kata Raden.

Menurut dia, untuk mempertahankan populasi spesies penyu ini, perlunya keterlibatan pemerintah provinsi, kabupaten, tokoh adat, tokoh agama untuk saling mengingatkan dan mempertahankan populasi spesies dilindungi terutama spesies penyu.

“Gencarnya sosialisasi dari berbagai pihak ini merupakan kunci bersama untuk menyadarkan bahwa spesies ini sangat spesial dan penting bagi Maluku,” ucapnya.

Berbagai peraturan telah ditetapkan sebagai landasan perlindungan spesies seperti UU No 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber alam hayati dan ekosistem hingga peraturan menteri 106 tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button