Nusantara

DLH Kabupaten Serang Lakukan Konservasi Lingkungan dan Optimalkan Penanganan Sampah

Enam kecamatan yang sedang dipersiapkan yakni Kecamatan Pabuaran, Waringinkurung, Tirtayasa, Tanara, Ciomas, dan Kecamatan Padarincang. Pihaknya berencana akan melakukan pengadaan 23 truk pengangkut sampah untuk enam kecamatan tersebut.

“Proses perubahan untuk pengadaannya sedang kita usulkan,” katanya.

Dikatakan Prauri, meskipun penanganan sampah dilimpahkan ke kecamatan, pihaknya terus melakukan evaluasi bersama camat. Supaya, setiap kendala yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik.

Sekretaris DLH Kabupaten Serang Lutfi Kelana menambahkan, dalam rangka menangani sampah secara optimal, pihaknya juga gencar melakukan program 3R, yakni reuse, reduce dan recycle.

Program 3R ini, yaitu meminimalisasi pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) dengan cara mengolahnya terlebih dahulu. Pengeolahan sampah ini, salah satunya dilakukan melalui bank sampah.

Lutfi mengatakan, bank sampah saat ini sudah ada di berbagai desa. Pengelolaannya, dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat.

“Kita targetkan minimal di semua kecamatan ada bank sampah,” katanya.

Ia menjelaskan, melalui bank sampah itu, sampah yang dihimpun dari masyarakat akan dipilah terlebih dahulu. Kemudian, diolah menjadi bahan yang dapat dimanfaatkan.

“Seperti untuk pupuk kompos, bahan plastik cair, dan sebagainya, kemudian sisanya yang tidak bisa diolah baru dibuang ke TPAS,” ujarnya. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button