Nusantara

Bupati Lebak Minta Warga Waspada Cuaca Buruk Tiga Hari Kedepan

INDOPOSCO.ID – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi cuaca buruk yang ditandai hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Kami menerima informasi dari BMKG cuaca buruk akan berlangsung sampai 15 Oktober 2022,” kata Iti Octavia saat mengunjungi warga korban banjir di Bayah Kabupaten Lebak, Banten, seperti dikutip Antara, Rabu (12/10/2022).

Peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat tentu dapat mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Selama ini, kata Bupati, wilayah Kabupaten Lebak rawan bencana alam, karena topografinya terdapat pegunungan, perbukitan, aliran sungai dan pesisir pantai selatan Pulau Jawa.

Potensi bencana alam itu akibat cuaca buruk yang berpeluang terjadi banjir, longsor, angin puting beliung, gelombang tinggi hingga pohon tumbang.

Karena itu, pemerintah daerah menerjunkan tim BPBD, relawan, TNI, Polri dan instansi terpaut untuk penanganan evakuasi di lima kecamatan yang dilanda bencana banjir dan longsor.

Bahkan, TNI dan Polri telah menyediakan penjernihan air bersih, penyaluran bahan pokok hingga pelayanan pengobatan terhadap warga di lokasi bencana alam.

Kelima kecamatan yang terdampak bencana alam itu antara lain Bayah, Panggarangan, Cigembong, Cilograng dan Cibeber. Dimana di daerah itu terdapat aliran sungai besar yang hulunya dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

“Kami banyak terimakasih kepada TNI, Polri dan relawan yang telah membantu warga korban bencana banjir dan longsor,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah kini melakukan pendataan kerusakan sarana infrastruktur jembatan, jalan hingga sarana pendidikan,pondok pesantren dan tempat ibadah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button