Nusantara

Banjarmasin Mampu Turunkan 26,7 Persen Sampah Plastik

Sebab, lanjut Alive, produksi sampah di Kota Banjarmasin setiap harinya mencapai 700 ton, di mana sebagian sampah plastik itu membutuhkan waktu sangat lama terurai jika tertanam di bumi.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina sebelumnya juga menyampaikan, selain Perwali nomor 18 tahun 2016 yang dikeluarkannya, penanganan sampah plastik dari sumbernya juga dilakukan dengan memperbanyak bank sampah.

Hingga kini, bank sampah yang dikelola langsung masyarakat di 52 kelurahan di kota ini sudah sebanyak 309 unit. “Ratusan bank sampah ini juga sangat besar berperan mengurangi sampah plastik dan kertas dengan cara daur ulang,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, memberikan sumber ekonomi bagi masyarakat, karena ada bank sampah induknya. Selain itu, juga terus diperbanyak Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) atau TPS 3R (Reuse, Reduce dan Recycle).

Karena, ucap Ibnu Sina, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Basirih Banjarmasin Selatan milik pemerintah kota sudah mulai penuh, jika tidak dilakukan pengurangan sebelum ke sana. “Sekitar 35 hektare lahan TPA Basirih sudah mulai penuh, rencananya diperluas sekitar 5 hektare lagi untuk bisa bertahan 10 tahun lagi,” tuturnya.(wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button