Nusantara

Wow, Petani Jember Bagi-Bagi Tomat Gratis

INDOPOSCO.ID – Sejumlah petani membagikan tomat secara gratis kepada masyarakat dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional di sekitar di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (24/9/2022) sore.

Tomat yang dibagikan gratis tersebut sebagai bentuk protes petani karena anjloknya harga tomat selama sepekan terakhir dan berharap ada kebijakan yang berpihak kepada petani pada momentum Hari Tani Nasional tersebut.

“Kami membagi-bagikan tomat secara gratis kepada masyarakat karena kalau dijual pasti rugi. Harga tomat terjun bebas di tingkat petani yakni berkisar Rp500 hingga Rp600 per kilogram,” kata Ketua Forum Komunikasi Petani Jember Jumantoro di halaman Kantor Pemkab Jember.

Ia mengatakan luas lahan yang ditanami tomat di Jember berkisar 100-200 hektare dan sebagian besar petani tomat merugi karena anjloknya harga komoditas tersebut, bahkan beberapa petani memilih tidak memanen tomatnya di lahan tersebut.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya ingin menyuarakan aspirasi petani dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional ke-62 yang masih jauh dari harapan meningkatkan kesejahteraan para petani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button