Nusantara

Pemprov Jateng Siapkan Skema Bantuan-Pendampingan Petani Terdampak BBM

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan skema bantuan dan pendampingan bagi para petani yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terutama terkait distribusi solar bagi peralatan pertanian.

“Ada pertanyaan menarik tadi dari petani, ‘Pak kami sulit beli solar untuk rice mill, pompa air pertanian, dan traktor’. Ini tiga yang mereka keluhkan hari ini,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai meninjau Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Subur di Desa Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Selasa (13/9).

Ia menjelaskan bahwa Pemprov Jateng sudah menyiapkan skema bantuan penanganan inflasi dan dampak kenaikan harga BBM.

Bantuan itu sebanyak 2 persen dari Dana Transfer Umum Pemprov Jateng sebesar Rp22.729.706.000 yang terbagi atas beberapa sasaran penerima.

Di antaranya bantuan bagi pengguna alat mesin pertanian sekitar 2.264 kelompok dengan alokasi sebesar Rp950.800.000, subsidi bahan bakar alat peternakan dengan anggaran Rp34.125.000.

Baca Juga: Sertifikasi Petani Kopi untuk Tingkatkan Kuantitas Hasil

Kemudian, ada bantuan bagi pengelola rice milling unit berupa solar dengan total anggaran Rp220,8 juta dan bantuan bagi pelaku distribusi pangan dengan total anggaran Rp2,4 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button