Nusantara

Petani, Lereng Sumbing, dan Kirab Budaya Puji Jagat

“Tumpeng dikirab keliling desa dipimpin oleh sesepuh adat sampai Tuk Ringin. Di situ kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk keselamatan,” ujarnya.

Selanjutnya seluruh kelompok kesenian yang ikut kirab melakukan pentas dan ritual diakhiri dengan perebutan gunungan hasil bumi oleh masyarakat.

Bupati M. Al Khadziq mengatakan Legoksari merupakan salah satu desa yang masih kental memegang adat dan tradisi di wilayah Temanggung bagian selatan. Desa ini termasuk yang paling setia memegang tradisi nenek moyang, bisa dilihat dari upacara-upacara adat yang diselenggarakan setiap tahun, juga bisa dilihat dari kesenian dan kebudayaan yang ada.

Menurut dia hal tersebut dipertahankan dan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di Kabupaten Temanggung, sebab manakala desa itu memegang tradisi adat istiadat nenek moyang maka pasti persaudaraan, silaturahmi, guyub rukun masyarakat masih bisa dijaga semuanya.

“Kirab Puji Jagat merupakan salah satu ritual bagi masyarakat Legoksari, untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena diberi kehidupan makmur, alam yang subur, dan sumber mata air melimpah,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (13/7/2022).

Ia menuturkan diberi tanah subur, karena ditanami apa saja hasilnya sangat baik, contohnya Legoksari merupakan desa penghasil tembakau srintil, tembakau terbaik di dunia. Bahkan ketika ditanami kopi arabika juga hasilnya bagus. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button