Nusantara

Gunung Kidul akan Lakukan Pemeliharaan Etalase Taman Batu Ngingrong

“Lampu penerangan bermasalah. Kerusakan fasilitas lain juga sudah kami sampaikan ke dinas pariwisata,” kata seorang penjaga Etalase Taman Batu Ngingrong, Anggit.

Sementara itu, General Manajer (GM) Gunung Sewu Budi Martono mengatakan tidak mudah memperoleh kepercayaan badan dunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Karena itu dalam mempertahankannya diperlukan komitmen bersama.

“Revalidasi status keanggotaan Geopark Gunung Sewu di UGG dilaksanakan tahun depan,” kata Budi Martono.

Geopark Gunung Sewu terletak di tiga kabupaten meliputi Gunung Kidul (DIY), Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur). Ditetapkan menjadi geopark nasional pada 13 Mei 2013 oleh Komite Nasional Geopark Indonesia.

Di Gunung Kidul ada Etalase Taman Bumi Ngingrong. Bermacam-macam jenis batuan di Gunung Kidul ada dipajang di sana. Progres pembangunannya terhenti akibat pandemi Covid-19. Refocusing anggaran memaksa pemerintah daerah memangkas kebutuhan anggaran.

“Saya sampai minta-minta ke kabupaten lainnya baik di wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur supaya ada anggaran perawatan dan pengembangan Geopark Gunung Sewu,” katanya.(mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button