Nusantara

Buntut Insiden Ambrol, Pengelola Kenpark Dicecar DPRD Surabaya

INDOPOSCO.ID – Pengelola “waterpark” di Kenjeran Park (Kenpark) Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin, menghadiri panggilan Komisi D DPRD setempat terkait ambrolnya seluncuran air yang menyebabkan belasan orang cedera.

Anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya Cahyo Siswo Utomo menyinggung soal asuransi kepada pengunjung menyusul insiden ambrolnya “water slide” atau seluncuran di Kenpark pada Sabtu (7/5).

“Tiket masuk ke wahana wisata air tersebut tidak mencantumkan asuransi,” kata Cahyo saat rapat dengar pendapat yang dihadiri pengelola “waterpark” Kenpark, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan BPBD Surabaya.

Menurut dia, wahana wisata itu ada yang dengan risiko tinggi, menengah, dan rendah. Sedangkan menurut Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Surabaya, lanjut dia, wahana tersebut masuk kategori risiko tinggi.

Namun, lanjut dia, tiket masuk ke wahana wisata air tersebut tidak secara eksplisit mencantumkan asuransi, melainkan hanya menyebutkan wisata alam yang ada hewan liarnya, bungee jumping, dan lainnya.

Seharusnya, kata Cahyo, pihak pengelola mencantumkan asuransi dalam tiket masuk, agar pengunjung ada jaminan santunan kalau terjadi insiden.

Ia mengatakan asuransi tersebut diatur dalam Perda Nomor 23 Tahun 2012 Tentang Kepariwisataan yang mengacu pada Undang-Undang Kepariwisataan. Asuransi menjadi tanggung jawab dari pengelola usaha pariwisata.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button