Nusantara

5 Mahasiswa Kembalikan Kerugian Negara dari Program Beasiswa Aceh

INDOPOSCO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan lima mahasiswa yang menerima program beasiswa Pemerintah Aceh Tahun Anggaran 2017 telah mengembalikan kerugian negara Rp 39 juta.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Rabu, mengatakan uang negara tersebut dikembalikan ke posko yang dibentuk Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh.

“Ada lima mahasiswa yang mengembalikan kerugian negara dengan jumlah Rp 39 juta lebih. Mereka mengembalikan karena tidak memenuhi syarat sebagai penerima program bantuan dana pendidikan tersebut,” katanya, seperti dikutip Antara, Rabu (2/3/2022).

Dengan adanya lima mahasiswa yang mengembalikan kerugian negara tersebut, katanya, maka sudah ada 54 mahasiswa yang mengembalikan uang beasiswa yang sebelumnya mereka terima.

Baca Juga: Status Tersangka Pelapor Korupsi Dana Desa Dicabut

Sedangkan uang negara yang diselamatkan dari dugaan korupsi beasiswa tersebut, kata dia, mencapai Rp 713,49 juta. Polda masih memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang menerima beasiswa, tetapi tidak memenuhi syarat untuk segera mengembalikannya.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh mengusut dugaan tindak pidana korupsi Beasiswa Pemerintah Aceh Tahun Anggaran 2017 dengan nilai mencapai Rp 22,3 miliar.

Anggaran beasiswa tersebut ditempatkan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Aceh. Beasiswa tersebut disalurkan kepada 803 penerima.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button