Nusantara

Gubernur Jatim Usulkan Sentra Batik Candi Madiun Jadi Desa Devisa

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengusulkan sentra batik Oemah Batik Candi di Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, menjadi desa devisa ke Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Gubernur mengatakan selama ini tidak banyak sentra batik yang konsisten dengan produk batik tulis. Kebanyakan sudah campuran antara batik tulis, batik cap, dan juga printing. Pihaknya melihat, Oemah Batik Candi terus konsisten hanya di batik tulis.

“Saya tadi tanya apakah ini batik tulis saja atau juga dengan cap. Ternyata batik tulis saja. Tentu ini suatu hal yang konsisten dan tidak banyak yang melakukan,” ujar Khofifah saat berkunjung di Oemah Batik Candi, Madiun, Selasa (15/2/2022).

Menurutnya, karena unik, maka pihaknya mengusulkan Oemah Batik Candi menjadi desa devisa ke LPEI. Dengan beberapa kriteria yang dijadikan asesmen oleh LPEI, Khofifah menilai Oemah Batik Candi di Kabupaten Madiun tersebut telah memenuhi persyaratan.

Baca Juga: Khofifah Minta Ada Pendataan Padepokan usai Tragedi Ritual Payangan

Yakni, merupakan produk milik sendiri bukan karya orang lain yang diperjualbelikan. Lalu memiliki keunikan, punya pasar ekspor, dan dilakukan oleh banyak orang di satu desa yang didukung kelembagaan kelompok.

Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri membatik dengan canting bersama para perajin batik setempat. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan agar setiap batik yang diproduksi dilengkapi dengan cerita filosofi. Hal tersebut dimaksudkan agar memperkuat produk batik itu sendiri.

Ia juga menyarankan agar sentra batik setempat melibatkan kaum difabel untuk ikut membatik, sehingga lebih banyak lagi warga desa setempat yang diberdayakan dan meningkat kesejahteraannya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, Pemprov Jatim saat ini memang sedang mencari untuk menemukan desa-desa di Jatim yang memiliki potensial untuk dijadikan desa devisa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button