Nusantara

Debit Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Meningkat

INDOPOSCO.ID – Debit banjir lahar dingin Gunung Semeru yang mengalir di sejumlah daerah aliran sungai (DAS) mengalami peningkatan akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin siang hingga sore (17/1/2022), seperti dilansir Antara.

“Berdasarkan informasi dari petugas Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur menyebutkan bahwa getaran banjir terekam pada Senin sejak pukul 11.39 WIB hingga pukul 17.50 WIB,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Joko Sambang saat dihubungi per telepon di Lumajang.

Sejauh ini, lanjut dia, banjir lahar dingin Gunung Semeru masih melewati jalurnya dan belum meluap ke jalan dan permukiman, namun debit air mengalami peningkatan yang signifikan.

Berita Terkait

Baca Juga: Sesalkan Pria Tendang Sesajen di Semeru, Wamenag: Tumpulnya Kesadaran Keberagaman

“Kami mengimbau masyarakat yang berada di bantaran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaan, sehingga lebih baik menjauh dari bantaran sungai,” tuturnya.

Ia menjelaskan petugas dan relawan melakukan pemantauan secara kontinyu terhadap derasnya aliran banjir lahar dingin Gunung Semeru karena dikhawatirkan meluap ke permukiman warga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button