Nusantara

Bea Cukai Amankan Puluhan Botol Miras dan Rokok Ilegal di Malang dan Lampung

Dari hasil operasi tersebut, ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 3.360.000,00. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga : Kembangkan Potensi Usaha Dalam Negeri, Bea Cukai Berikan Pemahaman di Bidang Ekspor

“Minuman dengan kadar alkohol lebih dari lima persen wajib untuk dilekati pita cukai, jika melebihi lima persen tidak dilekati pita cukai maka itu ilegal, oleh karena itu kami akan menindak tegas,”tegas Gunawan Tri Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Malang. “Kami juga menghimbau agar pengusaha jasa titipan untuk tidak mengangkut Barang Kena Cukai ilegal” tambahnya.

Berita Terkait

Penindakan juga dilakukan oleh Bea Cukai Bandar Lampung yang berhasil mengamankan 1.200.000 batang rokok ilegal yang dilekati pita cukai palsu. Esti Wiyandari, Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, mengungkapkan, “Penindakan rokok ilegal ini didasari adanya informasi yang diterima petugas tentang adanya pengiriman rokok diduga ilegal yang dikirim menggunakan truk. Penangkapan dilakukan di jalan tol Bakauheni – Terbanggi KM 87.”

Nilai barang ditaksir bernilai Rp.1.368.000.000. Atas penindakan tersebut, potensi kerugian negara yang berhasil diamankan adalah senilai Rp.916.488.000. Selanjutnya seluruh barang dan pelaku bukti dibawa ke kantor Bea Cukai Bandar Lampung untuk diteliti lebih lanjut. Penindakan rokok ilegal ini merupakan keseriusan Bea Cukai dalam menjaga Indonesia dari bahayanya barang ilegal dengan tidak mengesampingkan tugas dalam mengamankan penerimaan negara. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button