Nusantara

Gubernur Jatim Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Tradisi Menanam

Sementara Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko menyampaikan rasa bangga atas beberapa kali wilayah Kabupaten Probolinggo menjadi lokasi program penanaman mangrove dari Pemprov Jatim, sehingga akan memberikan manfaat, baik untuk konservasi lingkungan hidup dan pengembangan ekowisata.

Baginya upaya pelestarian ekosistem mangrove itu juga merupakan upaya merehabilitasi kembali lahan pesisir guna pemulihan ekonomi rakyat yang terdampak pandemi Covid-19 karena dengan menjaga dan menyelamatkan ekosistem mangrove, maka tidak hanya melindungi daratan dari abrasi, tetapi juga menjaga kestabilan ekosistem laut.

“Mari bersama lindungi mangrove demi kelestarian ekosistem pantai dan lautan. Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat untuk berpartisipasi dan lebih peduli dalam pelestarian mangrove,” ucapnya.

Penanaman benih mangrove yang dipusatkan pada area wisata, edukasi dan konservasi ekosistem mangrove Pantai Bohay tersebut merupakan jenis Avicennia sp sebanyak 1.000 batang dan cemara laut sebanyak 500 batang.

Selain melakukan penanaman mangrove dan cemara laut, Gubernur Khofifah memberikan hibah alat ekonomi produktif kepada beberapa Kelompok Tani Hutan(KTH) dari Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button