Nusantara

Provinsi Banten Raih Juara 2 Penilaian Kinerja Bidang Kebinamargaan

Sementara itu Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan, peringatan Hari Jalan Nasional ini akan rutin dilakukan setiap tanggal 20 Desember. Tanggal itu mengacu kepada awal tersambungnya tol Trans Jawa yang menghubungkan antar wilayah di Pulau Jawa. Sehingga kemudian menjadi tema kali ini “Mengelola Jalan Menyambung Negeri.”

“Memperingatkan kita semua, khususnya PUPR menyelenggarakan jalan nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Meningkatkan tata kelola jalan dan meningkatkan pelayanan jalan untuk semuanya,” tuturnya.

Ia mengatakan hadiah yang diberikan merupakan program untuk masyarakat dalam penyelenggaraan jalan.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan mengungkapkan, proses penilaian ini dilakukan sejak bulan Oktober 2021 yang melibatkan 34 provinsi yang ada di Indonesia.

“Penilaian yang dilakukan meliputi beberapa aspek, di antaranya seperti dukungan kebijakan Pemprov terhadap pembangunan infrastruktur yang dibuktikan dengan pengalokasian anggaran, lalu inovasi daerah yang meliputi ketersediaan informasi publik, kecepatan respons pemerintah dalam menindaklanjuti keluhan dari masyarakat serta penilaian terhadap kondisi jalan provinsi,” jelasnya.

Setelah itu, proses selanjutnya tim dari Kementerian PUPR melakukan survei ke beberapa lokasi di Banten untuk memastikan kebenaran dokumen yang diberikan benar-benar valid.

“Kami jelaskan kepada mereka terkait inovasi kami dalam menyikapi berbagai aduan masyarakat. Kemudian kami juga dampingi mereka ketika melakukan survei langsung ke lapangan, melihat kondisi infrastruktur yang ada. Dan pada tanggal 16 Desember 2021 kemarin kami dapat undangan pemberian penghargaan ini,” ujarnya

Arlan mengakui, untuk menjaga infrastruktur yang telah dibangun itu tetap dalam kondisi baik, pihaknya menerjunkan sebanyak 126 penilik ke lapangan. Mereka semua mempunyai tugas melakukan pengontrolan jalan kewenangan provinsi.

Dia menambahkan, pada tahun 2021 anggaran pemeliharaan jalan sebesar Rp100 miliar, sedangkan untuk anggaran pembangunan jalan Rp400 miliar.

“Saat ini kondisi status jalan mantap Provinsi Banten 98 persen sedangkan kondisi jembatan 90 persen, dan ditargetkan kondisi 100% mantap pada tahun 2022″ pungkas Arlan. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button