Nusantara

Gelar CGTS, Bea Cukai Beberkan Tugas dan Fungsinya di Kalangan Pelajar

INDOPOSCO.ID – Kenalkan tugas dan fungsinya serta mengenalkan budaya anti korupsi ke para pelajar, Bea Cukai menggelar kegiatan Customs Goes To School (CGTS) di beberapa daerah. Kali ini kegiatan CGTS dilaksanakan masing-masing di Bali, Pangkalpinang, dan Cilacap.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengungkapkan bahwa CGTS rmerupakan agenda Bea Cukai untuk memberikan informasi yang bermanfaat tentang kepabeanan dan cukai serta pentingnya budaya anti korupsi kepada para pelajar untuk disebarluaskan dan diterapkan di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Di Badung, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra mengadakan kegiatan CGTS untuk mengenalkan tugas fungsi Bea Cukai dan budaya anti korupsi di SMA Negeri 2 Kuta, Bali, pada Rabu (15/12). Dalam kegiatan ini turut dijelaskan terkait pengamanan terhadap barang impor dan ekspor, serta adanya pungutan negara berupa bea masuk (BM) dan bea keluar (BK). Terkait anti korupsi, juga dijelaskan bahwa Bea Cukai telah melakukan pembenahan di sisi internal. Terhadap sisi eksternal, Bea Cukai terus berupaya dengan memberikan sosialisasi dan edukasi.

“Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang banyak diminati warga asing, jadi pengetahuan terkait peran Bea Cukai dalam pengawasan barang-barang masuk dari luar negeri, baik barang bawaan penumpang atau barang kiriman, sangat penting untuk diketahui oleh para pelajar di Bali. Perlu diketahui juga bahwa Bea Cukai memliki unit K-9 dalam menjalankan tugas pengawasannya,” ujar Firman.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Bea Cukai Lampaui Target Penerimaan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button