Nusantara

Polisi Tangkap 33 Brandal Jalanan, Sembilan Sebagai Tersangka

“Motif ingin melakukan aksi kekerasan antar kelompok berandal jalanan,” jelasnya.

Shinto bilang, penangkapan dilakukan petugas berawal dari informasi di media sosial tentang adanya tantangan ajakan melakukan tindakan melanggar hukum.

Kemudian pada 19 Desember 2021, tim Jasantras melakukan penangkapan di tiga lokasi. Titik pertama adalah di basecamp Allstar di rumah kosong yang terletak di Perum Taman Adiyasa, Cisoka.

Penyidik mengamankan 16 orang, dominan adalah anak-anak termasuk ketua berandalan jalanan tersebut AM (17), admin medsos Instagram MEF (17) dan FR (17).

Saat melakukan penggeledahan di rumah tersebut, menemukan sejumlah senjata tajam yang dimiliki oleh SI (17), RAA (16), FH (16), dan BAW (15). Adapun barang bukti sajam yang disita penyidik adalah 1 bilah golok sisir (gosir), tiga bilah pedang panjang, empat bilah celurit besar.

Titik kedua adalah di pondok angkringan yang terletak di Cisoka, mengamankan empat orang dari kelompok Bikini Bottom. Di antaranya AKW (21) yang juga ketua kelompok, AM (19) yang juga admin medsos kelompok, BW (17), dan AG (20).

“Ke empat orang tersebut telah dimintai keterangan sebagai saksi oleh penyidik Ditreskrimum Polda Banten,” paparnya.

Selanjutnya, titik ketiga adalah di Kompleks Kirana, Cisoka, penyidik mengamankan 18 orang yang saat itu sedang mengumpulkan kelompok Reuni Akbar.

“Dalam kesempatan itu, terungkap fakta bahwa EP alias Bogel (22) meminta AKW (21) untuk mengumpulkan massa dan akan melakukan gerakan sehingga AKW hubungi kelompok Bikini Bottom untuk bergerak melakukan aksi,” ujarnya.

Ia menerangkan, terhadap dua orang yakni EP dan AKW yang menginisiasi untuk mengumpulkan massa, telah ditetapkan sebagai tersangka yaitu orang yang menyuruh melakukan kejahatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 55 KUHP.

“Sementara terhadap ke-7 tersangka tersebut diperlakukan tidak seperti tersangka yang sudah dewasa sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2012 tentang system peradilan pidana anak,” tegasnya. (son)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button