Nusantara

Survei IPO Nilai Gubernur Banten Layak Maju Pilpres 2024

INDOPOSCO.IDGubernur Banten, Wahidin Halim disebut layak menjadi salah satu kandidat untuk tokoh-tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi menjelang pemilihan presiden selanjutnya di tahun 2024 versi lembaga survey Indonesia Political Opinion(IPO).

Hasil survey IPO yang berlangsung sejak 29 November sampai 2 Desember 2021 menunjukkan, kepuasan masyarakat Banten atas kinerja Pemerintah Provinsi Banten tembus 63 persen, jauh lebih tinggi dibanding kepuasan publik pada pemerintah pusat yang hanya 51 persen.

“Tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintah provinsi Banten jauh lebih tinggi dibanding kepuasan pada pemerintah pusat, 63 persen berbanding 51 persen. Ini penanda hasil kerja Gubernur Wahidin Halim lebih dikenal dibanding kerja Presiden,” ucap Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah di Tangerang, Minggu.

Berita Terkait

Menurut dia, kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Banten dinilai berdasarkan 3 aspek. Yang pertama, distribusi bantuan sosial mendapat persepsi sangat memuaskan 7 persen, memuaskan 62 persen.

Kedua, terkait kemantapan harga bahan pokok selama masa pandemi sangat memuaskan 11 persen, memuaskan 53 persen. Dan ketiga, terkait situasi politik dan penegakan hukum dikira sangat memuaskan 6 persen, memuaskan 51 persen.

“3 bidang utama yang dipotret diketahui bidang politik dan penegakan hukum mendapat atensi kepuasan paling rendah, tetapi itupun masih di atas 50 persen. Kondisi ini bisa terjadi karena 2 sebab, kondisi sosial politik di provinsi Banten yang memang stabil, atau warganya yang cenderung patuh pada ketegasan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.” tuturnya.

Baca Juga : Hasil Survei IPO, Masyarakat Banten Puas dengan Kepemimpinan WH-Andika

Sementara dalam bidang penanganan pandemi, sebanyak 69 persen responden menyatakan puas pada kinerja Pemerintah Provinsi Banten. Statemen kepuasan itu dibantu dengan tingkat kepuasan pada layanan kesehatan sebesar 61 persen, kelangsungan informasi terkait pandemi 74 persen, kesuksesan sosialisasi protokol kesehatan 49 persen, dan ketegasan implementasi kebijakan PPKM sebesar 53 persen.

Penilaian berbeda terlihat dari persepsi publik terhadap kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Wahidin Halim mendapat tingkat kepuasan publik sebesar 68 persen, dengan rincian sangat memuaskan 11 persen, dan memuaskan 57 persen. Sementara Andika Hazrumy mendapat persepsi kepuasan sebesar 50 persen, dengan rincian sangat memuaskan 3 persen dan memuaskan 47 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button